Rencanakan MoU, Pemkab Koordinasikan Pengelolaan TPA-TPST dengan Pemkab Malang

Rencanakan MoU, Pemkab Koordinasikan Pengelolaan TPA-TPST dengan Pemkab Malang

Malang, 19 Juni 2019. Bupati Minahasa, Ir. Royke Octavian Roring, MSi berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang dalam rangka rencana Memorandum of Understanding (MoU) Pengelolaan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Edukasi dan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST). Koordinasi tersebut dilakukan langsung Bupati Royke Roring dengan Plt Bupati, Drs. H. M Sanusi didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Ir. Wenny Talumewo dan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Dra. Ria Suwarno dan Ir. Audie Rumayar, M.Eng.

Setelah pertemuan tersebut kata bupati yang dikenal merakyat itu, sampah sering menjadi masalah tetapi jika diolah justru menjadi keuntungan dan menjadi pendapatan bagi masyarakat. "Jika Tuhan berkenan, kita mengusahakan agar dapat diterapkan di Minahasa ke depan, makanya sekarang kita pelajari dan koordinasikan dulu seperti apa bentuk kegiatan pengelolaannya," kata mantan Kepala Dinas PU Sulut ini.

Ditambahkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Minahasa, Ir. Wenny Talumewo, di Kabupaten Malang ini, TPA Edukasi dikelola diambil gas metannya sehingga tidak berbau dan gas metan ini didistribusikan ke 300 rumah penduduk di sekitarnya dan menjadi bahan bakar. Sementara TPST 3R (Reduce, Reuse and Recycle) yang dikelola warga bisa menghasilkan income Rp. 150 juta per bulan dan warga disitu dapat lapangan kerja. "Ada 80 warga jadi pekerja dan digaji dari hasil pengolahan sampah itu," tambah Talumewo.(MinahasaCommandCentre)

Dipost Oleh Web Admin

RRRD Call Center

Post Terkait

Tinggalkan Komentar